Download aplikasi Blender
Tombol dan Kontrol
Tombol dan kontrol lainnya dapat ditemukan di setiap Editor antarmuka Blender. Berbagai jenis kontrol dijelaskan di bawah.
Tombol operasi
|
tombol operasi. |
Ini adalah tombol yang melakukan operasi ketika diklik dengan
LMB
. Mereka dapat diidentifikasi dengan warna abu-abu dalam skema warna default.
Tombol toggle
|
Tombol beralih. |
tombol beralih biasanya ditampilkan sebagai kotak centang. Mengklik jenis tombol akan beralih negara tetapi tidak akan melakukan operasi apapun.
Toggle Drag
Untuk mengubah banyak tombol beralih sekaligus, Anda dapat
LMB
tarik selama beberapa tombol, ini bekerja untuk kotak centang, matikan di tombol Outliner dan lapisan.
Catatan:
Untuk tombol lapisan (sejenis tombol pengalih) seringkali berguna untuk menahan Shift
pada saat yang sama, untuk mengatur atau jelas banyak lapisan sekaligus.
Tombol radio
|
Tombol radio |
Tombol radio digunakan untuk memilih dari pilihan kecil "saling eksklusif" pilihan.
Tombol Angka
|
Tombol angka. |
Tombol angka dapat diidentifikasi dengan label mereka, yang dalam banyak kasus berisi nama dan usus diikuti dengan nomor. tombol angka dapat diedit dengan beberapa cara:
Langkah tambahan
Untuk mengubah nilai dalam langkah-langkah, klik LMB
pada segitiga kecil di sisi tombol.
Seret
Untuk mengubah nilai dalam jangkauan yang lebih luas, tahan LMB
dan tarik mouse ke kiri atau kanan.
Input teks
TekanLMB
atau Return
untuk mengedit nilai sebagai bidang teks.
Ketika memasukkan nilai dengan tangan, tombol ini bekerja seperti tombol teks lainnya.
- Tekan Kembali untuk menerapkan perubahan.
- Tekan Esc akan membatalkan nilai.
Multi-Value Editing
|
Multi-nilai-editing. |
Hal ini sering berguna untuk mengedit beberapa nilai sekaligus (skala objek atau membuat resolusi misalnya).
Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol dan menyeret vertikal untuk menyertakan tombol di atas / bawah.
Setelah gerakan vertikal Anda dapat menarik dari sisi ke sisi, atau melepaskan LMB untuk mengetik dalam nilai.
Expression
Anda juga dapat memasukkan ekspresi seperti
3*2
bukannya
6
. atau
5/10+3
. Bahkan konstanta seperti
pi
(3,142) atau fungsi seperti
sqrt(2)
(akar kuadrat dari 2) dapat digunakan.
Lihat juga:
ekspresi ini dievaluasi dengan Python; untuk semua matematika tersedia ekspresi melihat: matematika referensi modul
Ekspresi sebagai Drivers
Anda mungkin ingin ekspresi Anda dievaluasi kembali setelah itu masuk. Blender mendukung ini menggunakan Driver (fitur dari sistem animasi).
Ekspresi dimulai dengan #, memiliki penggunaan khusus. Bukannya mengevaluasi nilai dan membuang ekspresi, sopir ditambahkan ke properti dengan ekspresi masuk.
Ekspresi #frame adalah cara cepat untuk mengakses peta nilai untuk frame, tapi ekspresi yang lebih kompleks juga didukung #fmod (frame, 24) / 24 misalnya.
Ini hanyalah sebuah jalan pintas yang mudah untuk menambahkan driver yang juga dapat ditambahkan melalui menu RMB.
Unit
Serta ekspresi, Anda dapat mencampur unit dengan nomor; untuk bekerja, unit harus diatur dalam pengaturan adegan (Metrik atau Imperial).
Contoh unit valid meliputi:
|
2ft
3ft/0.5km
2.2mm + 5' / 3" - 2yards
|
Catatan:
Bahwa koma adalah opsional. Perhatikan bagaimana Anda dapat mencampur antara metrik dan imperial meskipun layar hanya dapat menampilkan satu per satu.
Nama Unit
nama unit telah dapat digunakan dengan baik bentuk panjang dan pendek, di sini tercantum nama unit diakui dapat Anda gunakan.
Jamak dari nama-nama yang diakui juga, jadi
meter
dan
meter
keduanya bisa digunakan.
Imperial Units
Full Name | Short Name(s) | Scale of a Meter |
thou | mil | 0.0000254 |
inch | " , in | 0.0254 |
foot, feet | ' , ft | 0.3048 |
yard | yd | 0.9144 |
chain | ch | 20.1168 |
furlong | fur | 201.168 |
mile | mi , m | 1609.344 |
Metric Units
Full Name | Short Name(s) | Scale of a Meter |
micrometer | um | 0.000001 |
millimeter | mm | 0.001 |
centimeter | cm | 0.01 |
decimeter | dm | 0.1 |
meter | m | 1.0 |
dekameter | dam | 10.0 |
hectometer | hm | 100.0 |
kilometer | km | 1000.0 |
Menu Tombol
Blender menggunakan berbagai menu yang berbeda untuk mengakses opsi, alat dan memilih data-Blok.
- menu Shortcuts
- tombol panah dapat digunakan untuk menavigasi.
- Setiap item menu memiliki karakter yang digarisbawahi yang dapat ditekan untuk mengaktifkannya.
- tombol angka atau num-pad dapat digunakan untuk mengakses item menu. (Dimana
1
adalah item menu pertama, 2
kedua ... dll Untuk menu yang lebih besar Alt - 1
tanggal 11 ... sampai ke Alt -0
tanggal 20)
- Tekan
Return
untuk mengaktifkan item menu yang dipilih.
- Tekan
Esc
untuk membatalkan menu.
Header Menu
menu header yang digunakan untuk mengkonfigurasi editor dan akses alat.
Lihat Header untuk opsi sundulan.
Pop-Up Menu
|
Menu Viewport Shading pop-up.
|
Pop-up menu yang menu overlay digunakan untuk menampilkan pilihan. Mereka melahirkan dengan tombol menu dan tombol yang menunjukkan atas dan bawah segitiga di sebelah kanan atau setelah masukan kunci di posisi mouse.
Misalnya, tombol
Viewport Shading akan menghasilkan menu pop-up dengan pilihan shading yang tersedia.
Tips:
Anda dapat menggunakan Numpad
untuk masukan item dalam daftar untuk memilih. Misalnya, Numpad - 1
akan pilih item pertama dan seterusnya.
Data-Blok Menu
tombol menu yang digunakan untuk menghubungkan data-Blok satu sama lain. Data-blok item seperti jerat, benda, bahan, tekstur, dan sebagainya.
|
Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian. |
Jenis Data-Blok
Menunjukkan ikon. Membuka menu pop-up berikut.
Daftar
Sebuah daftar data-blok yang tersedia dalam arus campuran-file atau link dalam untuk memilih item dari. Menu dapat menampilkan pratinjau selain item dan kotak pencarian untuk mencari item dalam daftar dengan nama.
Nama data-blok
Menampilkan nama terkait data-Blok, yang dapat diedit sebagai bidang teks biasa.
Jumlah pengguna
Menampilkan jumlah pengguna data. Mengkliknya untuk membuat satu salinan-pengguna.
Pengguna Palsu "F"
Menyimpan data-blok ini data blok, bahkan jika tidak memiliki pengguna.
Baru "+"
Menciptakan data-blok baru atau duplikat data saat-blok dan berlaku.
Membuka file
Membuka file-browser.
Membatalkan hubungan data block "X"
Menghapus link.
Kadang-kadang ada daftar menerapkan data-blok (seperti daftar bahan yang digunakan pada objek). Lihat Gambar. Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian. atas.
|
tombol data link-blok. |
- Untuk memilih data-Blok, klik
LMB
di atasnya.
- Untuk menambahkan bagian baru (misalnya materi, atau sistem partikel), klik
LMB
pada tombol "+" di sebelah kanan daftar.
- Untuk menghapus bagian, klik
LMB
pada "-" di sebelah kanan daftar.
Untuk rincian tentang perilaku menghubungkan data melihat data-blok.
Menu Pie
Sebuah menu pie adalah menu, yang item tersebar radial sekitar mouse. menu pie harus diaktifkan dalam Preferensi Pengguna melalui .
|
Menu naungan pie. |
Interaksi
Menu pie adalah melahirkan dengan menekan tombol.
Tampilan 3D
Tab
Interaksi Modus
Z
Shade dan solid and smooth shading
Q
View arah dan perspektif atau ortho. dan kamera
Tab - Shift - Ctrl
Gertakan
.
Pivot
Ctrl - Spasi
Manipulator
Editor Movie Clip
W
Clip Pengaturan
Q
Marker Pengaturan
- Pelacakan
E
Shift - S
Solving
Shift - W
Tema Rekonstruksi
OS - A
Operator Playback
Grease Pencil
D-Q
Main menu tools (konteks sensitif)
D-W
Pengaturan Cepat
Melepaskan kunci tanpa menggerakkan mouse akan tetap menu terbuka dan pengguna dapat memindahkan pointer mouse ke arah item menu pie dan pilih dengan mengklik. Melepaskan kunci setelah menggerakkan mouse ke arah item menu kue akan menyebabkan menu untuk menutup dan item menu yang dipilih untuk mengaktifkan.
Widget disc terbuka di tengah menu pie menunjukkan arah arus dari menu pie. Item yang dipilih juga disorot. Sebuah menu pie hanya akan memiliki arah yang valid untuk seleksi item, jika mouse menyentuh atau memperluas luar widget disc di tengah menu.
item menu pie mendukung akselerator utama, yang merupakan huruf digarisbawahi pada setiap item menu. Juga tombol angka dapat digunakan untuk memilih item.
Jika ada sub-pai yang tersedia, hal ini ditunjukkan dengan ikon tanda plus.
Lihat pengaturan menu Pie.