Belajar Blender 3D

Mari Belajar Blender 3D Dengan Mudah

  • Home
  • Blender Manual
    • Ayo Mulai
      • Mengenal Blender
        • Tentang Blender
          • Sejarah Blender
          • Blender-GPL
          • Komunitas Blender
        • Menginstal blender
          • Konfigurasi Blender
    • User Interface
    • Editor Blender
  • Mengenal Blender
    • Tentang Blender
      • Sejarah Blender
      • Blender-GPL
      • Komunitas Blender
    • Menginstal Blender
      • Konfig Blender
  • Kumpulan Tutorial Blender
  • Hubungi Saya

BELAJAR BLENDER 3D - TOMBOL DAN KONTROL BLENDER 3D

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Tombol dan Kontrol

Tombol dan kontrol lainnya dapat ditemukan di setiap Editor antarmuka Blender. Berbagai jenis kontrol dijelaskan di bawah.

Tombol operasi

tombol operasi.
Ini adalah tombol yang melakukan operasi ketika diklik dengan  LMB. Mereka dapat diidentifikasi dengan warna abu-abu dalam skema warna default.

Tombol toggle

Tombol beralih.
tombol beralih biasanya ditampilkan sebagai kotak centang. Mengklik jenis tombol akan beralih negara tetapi tidak akan melakukan operasi apapun.

Toggle Drag

Untuk mengubah banyak tombol beralih sekaligus, Anda dapat  LMBtarik selama beberapa tombol, ini bekerja untuk kotak centang, matikan di tombol Outliner dan lapisan.

Catatan:
Untuk tombol lapisan (sejenis tombol pengalih) seringkali berguna untuk menahan  Shift pada saat yang sama, untuk mengatur atau jelas banyak lapisan sekaligus.


Tombol radio

Tombol radio
Tombol radio digunakan untuk memilih dari pilihan kecil "saling eksklusif" pilihan.

Tombol Angka

Tombol angka.
Tombol angka dapat diidentifikasi dengan label mereka, yang dalam banyak kasus berisi nama dan usus diikuti dengan nomor. tombol angka dapat diedit dengan beberapa cara:

Langkah tambahan

Untuk mengubah nilai dalam langkah-langkah, klik LMB pada segitiga kecil di sisi tombol.

Seret

Untuk mengubah nilai dalam jangkauan yang lebih luas, tahan LMBdan tarik mouse ke kiri atau kanan.

Input teks

TekanLMBatau Returnuntuk mengedit nilai sebagai bidang teks.

Ketika memasukkan nilai dengan tangan, tombol ini bekerja seperti tombol teks lainnya.


  • Tekan Kembali untuk menerapkan perubahan.
  • Tekan Esc akan membatalkan nilai.

Multi-Value Editing

Multi-nilai-editing.
Hal ini sering berguna untuk mengedit beberapa nilai sekaligus (skala objek atau membuat resolusi misalnya).

Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol dan menyeret vertikal untuk menyertakan tombol di atas / bawah.

Setelah gerakan vertikal Anda dapat menarik dari sisi ke sisi, atau melepaskan LMB untuk mengetik dalam nilai.

Expression

Anda juga dapat memasukkan ekspresi seperti 3*2bukannya6. atau 5/10+3. Bahkan konstanta seperti pi(3,142) atau fungsi seperti sqrt(2)(akar kuadrat dari 2) dapat digunakan.

Lihat juga:

ekspresi ini dievaluasi dengan Python; untuk semua matematika tersedia ekspresi melihat: matematika referensi modul


Ekspresi sebagai Drivers

Anda mungkin ingin ekspresi Anda dievaluasi kembali setelah itu masuk. Blender mendukung ini menggunakan Driver (fitur dari sistem animasi).

Ekspresi dimulai dengan #, memiliki penggunaan khusus. Bukannya mengevaluasi nilai dan membuang ekspresi, sopir ditambahkan ke properti dengan ekspresi masuk.

Ekspresi #frame adalah cara cepat untuk mengakses peta nilai untuk frame, tapi ekspresi yang lebih kompleks juga didukung #fmod (frame, 24) / 24 misalnya.

Ini hanyalah sebuah jalan pintas yang mudah untuk menambahkan driver yang juga dapat ditambahkan melalui menu RMB.

Unit

Serta ekspresi, Anda dapat mencampur unit dengan nomor; untuk bekerja, unit harus diatur dalam pengaturan adegan (Metrik atau Imperial).

Contoh unit valid meliputi:

  • 1cm
  • 1m 3mm
  • 1m, 3mm
  • 2ft
  • 3ft/0.5km
  • 2.2mm + 5' / 3" - 2yards
Catatan:

Bahwa koma adalah opsional. Perhatikan bagaimana Anda dapat mencampur antara metrik dan imperial meskipun layar hanya dapat menampilkan satu per satu.



Nama Unit

nama unit telah dapat digunakan dengan baik bentuk panjang dan pendek, di sini tercantum nama unit diakui dapat Anda gunakan.

Jamak dari nama-nama yang diakui juga, jadi meter dan meterkeduanya bisa digunakan.

Imperial Units
Full NameShort Name(s)Scale of a Meter
thoumil0.0000254
inch", in0.0254
foot, feet', ft0.3048
yardyd0.9144
chainch20.1168
furlongfur201.168
milemi, m1609.344
Metric Units
Full NameShort Name(s)Scale of a Meter
micrometerum0.000001
millimetermm0.001
centimetercm0.01
decimeterdm0.1
meterm1.0
dekameterdam10.0
hectometerhm100.0
kilometerkm1000.0

Menu Tombol

Blender menggunakan berbagai menu yang berbeda untuk mengakses opsi, alat dan memilih data-Blok.


  • menu Shortcuts
  • tombol panah dapat digunakan untuk menavigasi.
  • Setiap item menu memiliki karakter yang digarisbawahi yang dapat ditekan untuk mengaktifkannya.
  • tombol angka atau num-pad dapat digunakan untuk mengakses item menu. (Dimana 1adalah item menu pertama, 2 kedua ... dll Untuk menu yang lebih besar Alt - 1tanggal 11 ... sampai ke Alt -0tanggal 20)
  • Tekan Returnuntuk mengaktifkan item menu yang dipilih.
  • Tekan Escuntuk membatalkan menu.

Header Menu

menu header yang digunakan untuk mengkonfigurasi editor dan akses alat.

Lihat Header untuk opsi sundulan.

Pop-Up Menu

Menu Viewport Shading pop-up.



Pop-up menu yang menu overlay digunakan untuk menampilkan pilihan. Mereka melahirkan dengan tombol menu dan tombol yang menunjukkan atas dan bawah segitiga di sebelah kanan atau setelah masukan kunci di posisi mouse.

Misalnya, tombol Viewport Shading akan menghasilkan menu pop-up dengan pilihan shading yang tersedia.

Tips:

Anda dapat menggunakan Numpaduntuk masukan item dalam daftar untuk memilih. Misalnya, Numpad - 1 akan pilih item pertama dan seterusnya.


Data-Blok Menu

tombol menu yang digunakan untuk menghubungkan data-Blok satu sama lain. Data-blok item seperti jerat, benda, bahan, tekstur, dan sebagainya.
Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian.

Jenis Data-Blok
Menunjukkan ikon. Membuka menu pop-up berikut.

Daftar
Sebuah daftar data-blok yang tersedia dalam arus campuran-file atau link dalam untuk memilih item dari. Menu dapat menampilkan pratinjau selain item dan kotak pencarian untuk mencari item dalam daftar dengan nama.

Nama data-blok

Menampilkan nama terkait data-Blok, yang dapat diedit sebagai bidang teks biasa.

Jumlah pengguna

Menampilkan jumlah pengguna data. Mengkliknya untuk membuat satu salinan-pengguna.

Pengguna Palsu "F"

Menyimpan data-blok ini data blok, bahkan jika tidak memiliki pengguna.

Baru "+"

Menciptakan data-blok baru atau duplikat data saat-blok dan berlaku.

Membuka file

Membuka file-browser.

Membatalkan hubungan data block "X"

Menghapus link.
Kadang-kadang ada daftar menerapkan data-blok (seperti daftar bahan yang digunakan pada objek). Lihat Gambar. Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian. atas.

tombol data link-blok.

  • Untuk memilih data-Blok, klik LMBdi atasnya.
  • Untuk menambahkan bagian baru (misalnya materi, atau sistem partikel), klik LMBpada tombol "+" di sebelah kanan daftar.
  • Untuk menghapus bagian, klik LMBpada "-" di sebelah kanan daftar.
Untuk rincian tentang perilaku menghubungkan data melihat data-blok.

Menu Pie 

Sebuah menu pie adalah menu, yang item tersebar radial sekitar mouse. menu pie harus diaktifkan dalam Preferensi Pengguna melalui Add-ons ‣ UI ‣ Pie Menus Official.

Menu naungan pie.

Interaksi

Menu pie adalah melahirkan dengan menekan tombol.

Tampilan 3D



  • Tab Interaksi Modus
  • Z Shade dan solid and smooth shading
  • Q View arah dan perspektif atau ortho. dan kamera
  • Tab - Shift - Ctrl Gertakan
  • .  Pivot
  • Ctrl - Spasi Manipulator

Editor Movie Clip



  • WClip Pengaturan
  • QMarker Pengaturan
  • Pelacakan E
  • Shift - S Solving
  • Shift - W Tema Rekonstruksi
  • OS - A Operator Playback

Grease Pencil



  • D-Q Main menu tools (konteks sensitif)
  • D-W Pengaturan Cepat

Melepaskan kunci tanpa menggerakkan mouse akan tetap menu terbuka dan pengguna dapat memindahkan pointer mouse ke arah item menu pie dan pilih dengan mengklik. Melepaskan kunci setelah menggerakkan mouse ke arah item menu kue akan menyebabkan menu untuk menutup dan item menu yang dipilih untuk mengaktifkan.

Widget disc terbuka di tengah menu pie menunjukkan arah arus dari menu pie. Item yang dipilih juga disorot. Sebuah menu pie hanya akan memiliki arah yang valid untuk seleksi item, jika mouse menyentuh atau memperluas luar widget disc di tengah menu.

item menu pie mendukung akselerator utama, yang merupakan huruf digarisbawahi pada setiap item menu. Juga tombol angka dapat digunakan untuk memilih item.

Jika ada sub-pai yang tersedia, hal ini ditunjukkan dengan ikon tanda plus.

Lihat pengaturan menu Pie.



TUTORIAL BLENDER



 Sebelumnya                                                                                                          Selanjutnya
Posted by SyamsulDN
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Video Youtube

TUTORIAL BLENDER

Download Aplikasi Tutorial untuk Android GRTISSS !!!

ad

Translate

Blog Archive

  • ►  2015 (4)
    • ►  November (4)
  • ▼  2017 (19)
    • ▼  February (10)
      • BELAJAR BLENDER 3D - MENGENAL BLENDER 3D
      • BELAJAR BLENDER 3D - SEJARAH BLENDER
      • BELAJAR BLENDER 3D - SOFTWARE GRATIS DAN GPL BLENDER
      • BELAJAR BLENDER 3D - KOMUNITAS BLENDER
      • BELAJAR BLENDER 3D - MENGINSTAL BLENDER
      • BELAJAR BLENDER 3D - KONFIGURASI BLENDER
      • BELAJAR BLENDER 3D - SISTEM BANTUAN
      • BELAJAR BLENDER 3D - ANTARMUKA PENGGUNA PADA BLEND...
      • BELAJAR BLENDER 3D - TOMBOL DAN KONTROL BLENDER 3D
      • BELAJAR BLENDER 3D - EXTENDED CONTROLS BLENDER 3D
    • ►  April (9)

Featured post

BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D - MODELING RUMAH Part1

Blender 3D  Download aplikasi Blender Windows 64bit  |  Windows 32bit  |  Mac OSX  64bit  |  GNU/Linux 64bit  |  GNU/Linux 32...

Contact Form

Name

Email *

Message *

syamsuldn. Awesome Inc. theme. Theme images by Ollustrator. Powered by Blogger.