Layar | Screens
Fleksibilitas Blender dengan windows memungkinkan Anda menciptakan lingkungan kerja yang disesuaikan untuk berbagai tugas seperti pemodelan, animasi, dan skrip. Seringkali berguna untuk beralih dengan cepat di antara lingkungan yang berbeda dalam file yang sama.
Untuk melakukan masing-masing langkah kreatif utama ini, Blender memiliki seperangkat layar yang telah ditentukan sebelumnya, yang menunjukkan jenis jendela yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Layar pada dasarnya adalah layout jendela yang telah ditentukan sebelumnya. Jika Anda mengalami masalah dalam menemukan layar tertentu, Anda dapat menggunakan fungsi pencarian di bagian bawah daftar.
Layar Default tersedia
Tampilan 3D Penuh : Tampilan 3D layar penuh, digunakan untuk melihat pratinjau adegan Anda.
Animasi : Membuat aktor dan benda lain bergerak, berubah bentuk atau warna, dll.
Pengomposisian : Menggabungkan berbagai bagian pemandangan (misalnya latar belakang, aktor, efek khusus) dan memfilternya (misalnya koreksi warna).
Default : Tata letak default yang digunakan oleh Blender untuk file baru. Berguna untuk pemodelan objek baru.
Game Logic : Merencanakan dan memprogram game dalam Blender.
Pelacakan gerak : Digunakan untuk motion tracking dengan movie clip editor.
Scripting : Mendokumentasikan karya Anda dan / atau menulis skrip kustom untuk mengotomatisasi Blender.
Penyuntingan UV : Meratakan proyeksi jaring objek dalam 2D untuk mengendalikan bagaimana tekstur memetakan ke permukaan.
Penyuntingan Video : Memotong dan mengedit urutan animasi.
Layar dapat dipilih di header Info Editor yang ada di bagian atas tata letak untuk layar preset. Hal ini sering membingungkan untuk sebuah bar menu oleh mereka yang baru mengenal Blender; Namun itu hanyalah sebuah jendela yang hanya menampilkan headernya.
Untuk siklus antar layar gunakan
Ctrl-Right
dan Ctrl-Left
.
Petunjuk
Secara default, setiap tata letak layar 'mengingat' adegan terakhir yang digunakannya. Memilih tata letak yang berbeda akan beralih ke tata letak dan melompat ke tempat kejadian itu
Semua perubahan pada jendela, seperti yang dijelaskan dalam Jenis Editor, disimpan dalam satu layar. Perubahan pada satu layar, tidak akan mempengaruhi orang lain.
Mengkonfigurasi Layar Anda
Menambahkan Jenis Layar baru
Klik tombol "Add" (
+
) dan layout bingkai baru akan dibuat berdasarkan tata letak Anda saat ini.Menghapus Layar
Anda dapat menghapus layar dengan menggunakan tombol Hapus Blok Data (
X
). Lihat Gambar. : Pemilih layar dan adegan` di atas.Mengatur ulang layar
Gunakan kontrol jendela untuk memindahkan bingkai, membelah dan mengkonsolidasikan jendela. Bila Anda memiliki tata letak yang Anda sukai, tekan
Ctrl-U
untuk memperbarui default Pengguna Anda. Sadarilah bahwa semua adegan saat ini menjadi bagian dari default tersebut, jadi pertimbangkan untuk menyesuaikan tata letak Anda hanya dengan satu adegan sederhana saja.
Editor Properti memiliki opsi khusus: menekan
RMB
pada latar belakangnya akan memungkinkan Anda mengatur panelnya secara horizontal atau vertikal. Dari dua panel vertikal yang tersusun memiliki dukungan lebih besar.Default bawaan
Bila Anda menyimpan file campuran, tata letak layar juga tersimpan di dalamnya. Saat Anda membuka file, memungkinkan kotak centang Load UI di browser file menunjukkan bahwa Blender harus menggunakan tata letak layar file (mengesampingkan default Anda dalam prosesnya). Membiarkan kotak centang Load UI dinonaktifkan memberitahu Blender untuk menggunakan tata letak saat ini.
Tata Letak Tambahan
Saat Anda menjadi lebih berpengalaman dengan Blender, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa layout layar lainnya yang sesuai dengan alur kerja Anda karena ini akan membantu meningkatkan produktivitas Anda. Beberapa contoh bisa meliputi:
Modeling
Empat Tampilan 3D (atas, depan, samping dan perspektif), editor Properti untuk Pengeditan
Lighting
Tampilan 3D untuk lampu bergerak, editor UV / Image untuk menampilkan Hasil Render, editor Properties untuk properti rendering dan lampu dan kontrol
Materials
Editor properti untuk pengaturan Material, Tampilan 3D untuk memilih objek, Outliner, skrip Perpustakaan (jika digunakan), Editor Node (jika menggunakan bahan berbasis Node)
Painting
UV / Image Editor untuk gambar lukisan tekstur, 3D View untuk melukis langsung pada objek dalam mode UV Face Select, tiga tampilan 3D-3D di sisi yang memiliki gambar referensi latar belakang yang diset ke kekuatan penuh, editor Properties
Petunjuk
Gunakan kembali tata letak Anda
Jika Anda membuat layout jendela baru dan ingin menggunakannya untuk file campuran di masa mendatang, Anda dapat menyimpannya untuk digunakan kembali nanti, lihat Menyimpan User Settings
No comments:
Post a Comment