BELAJAR BLENDER 3D - MENGINSTAL BLENDER DI LINUX




Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Instalasi di Linux

Periksa persyaratan minimum dan di mana mendapatkan Blender, jika Anda belum melakukannya.

Paket khusus untuk distribusi

Beberapa distribusi Linux mungkin ada di repositori mereka sebuah paket khusus untuk Blender.

Memasang Blender melalui mekanisme asli distribusi memastikan konsistensi dengan paket lain pada sistem dan mungkin menyediakan fitur lain (yang diberikan oleh manajer paket), seperti daftar paket, pemberitahuan update dan konfigurasi menu otomatis. Namun, perlu diketahui bahwa paket itu mungkin sudah usang dibandingkan dengan rilis resmi terbaru, atau tidak termasuk beberapa fitur dari Blender. Misalnya, beberapa distro tidak membangun Blender dengan dukungan CUDA karena alasan perizinan.

Jika ada paket khusus untuk distribusi Anda, Anda dapat memilih yang lebih baik dan paling mudah, jika tidak, tidak ada yang salah dengan biner resmi pada blender.org.

Download dari blender.org

Download versi Linux untuk arsitektur Anda dan uncompress file ke lokasi yang diinginkan (misalnya ~/software atau /usr/local).

Blender sekarang bisa diluncurkan dengan mengklik dua kali executable.

Untuk akses yang mudah, Anda bisa mengonfigurasi sistem Anda dengan menambahkan entri menu atau shortcut untuk Blender dan mengasosiasikan dan membuka file campuran dengan Blender saat membuka dari browser file. Pengaturan ini biasanya termasuk dalam Window Manager (KDE, Gnome, Unity).

Menjalankan melalui terminal

Untuk menjalankan Blender dari terminal tanpa perlu berada dalam direktori eksekusi, tambahkan folder yang diekstraksi ke lingkungan PATH.

Tambahkan perintah berikut ke ~/.bashrc / ~/.profile yang menunjuk ke direktori dengan biner Blender:

export PATH=/path/to/blender/directory:$PATH
Tips
Jika Anda menggunakan build setiap hari dan sering memperbarui Blender, Anda dapat menautkan atau selalu mengganti nama folder Anda menjadi 'blender' dan menggunakan nama ini untuk variabel PATH Henvironment dan untuk menjaga agar menu window manager tetap up to date.

Avoiding Alt+Mouse Conflict

Many Window Managers default to Alt-LMB for moving windows, which is a shortcut that Blender uses to simulate a three button mouse. You can either have this feature disabled User Preferences ‣ Input ‣ Emulate 3 Button Mouse or you can change the Window Manager settings to use the Meta key instead (also called Super or Windows key):


  • KDE: System Settings > Window Behavior > Window Behavior > Window Actions , Switch ‘Alt’ for ‘Meta’ key
  • Unity/Gnome: enter the following in a command line (effective at next login):

gsettings set org.gnome.desktop.wm.preferences mouse-button-modifier '<Super>'




No comments:

Post a Comment