BELAJAR BLENDER 3D - KONFIGURASI BLENDER

belajar blender
Tutoril Blender
Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Mengatur Blender

     Berikut adalah beberapa preferensi yang Anda mungkin ingin mengatur awalnya. Daftar lengkap dan penjelasan tentang preferensi pengguna didokumentasikan dalam Preferensi bagian Pengguna.

Bahasa

Pada File ‣ User Preferences ‣ System, memungkinkan Internasional Font untuk memilih Bahasa dan apa yang harus diterjemahkan dari Interface, Tooltips dan Data Baru.

Lihat Internasionalisasi untuk rincian.

Memasukkan

Jika Anda memiliki keyboard kompak tanpa tombol angka yang terpisah memungkinkan File ‣ User Preferences ‣ Emulate Numpad.

Jika Anda tidak memiliki tombol tengah mouse Anda dapat mengaktifkan File ‣ User Preferences ‣ Emulate 3 Button Mouse.

Lihat Preferensi Masukan untuk rincian.

Berkas dan Jalur

Pada File ‣ User Preferences ‣ File Anda dapat mengatur opsi seperti apa Editor Gambar eksternal untuk digunakan, seperti GIMP atau Krita, dan Animasi Player.

Temporary Directory menetapkan mana untuk menyimpan file seperti sementara merender dan auto-menghemat.

Tips

Tanda // pada awal setiap jalur di Blender berarti direktori saat ini dibuka campuran-berkas, digunakan untuk referensi path relatif.

     Jika Anda percaya sumber campuran-file Anda, Anda dapat mengaktifkan Auto Run Python Scripts. Pilihan ini dimaksudkan untuk melindungi Anda dari skrip Python berbahaya yang seseorang dapat mencakup dalam file Blender. Ini tidak akan terjadi secara kebetulan, dan sebagian besar pengguna meninggalkan pilihan ini untuk secara otomatis menjalankan script sering digunakan dalam rig canggih (seperti "Rigify" yang mengontrol kerangka rig manusia).

Lihat Preferensi file untuk rincian.



Konfigurasi Peripherals

Tampilan

Melakukan.

Pengaturan Multi-monitor 

Melakukan.

Perangkat masukan

Blender mendukung berbagai jenis perangkat input:


  • Keyboard (disarankan: Keyboard dengan keypad numerik, tata letak bahasa Inggris yang terbaik)
  • Mouse (direkomendasikan: 3 tombol mouse dengan roda gulir)
  • NDOF Devices (juga dikenal sebagai 3D Mouse)
  • Tablet grafis

Mouse

Tombol Mouse Emulation

Jika Anda tidak memiliki 3 tombol mouse, Anda harus meniru dengan memeriksa pilihan dalam Preferensi Pengguna.

Tabel berikut menunjukkan kombinasi digunakan:

3-button Mouse
LMBMMBRMB
2-button Mouse
LMBAlt-LMBRMB

Keyboard

Numpad Emulation

Jika Anda tidak memiliki Numeric numpad di samping keyboard Anda, Anda mungkin ingin meniru salah satu (menggunakan nomor di bagian atas keyboard bukan, bagaimanapun, menghilangkan akses cepat ke visibilitas layer).

Lihat juga
Baca lebih lanjut tentang Numpad Emulation di Preferensi Pengguna

Keyboard non Bahasa Inggris

     Jika Anda menggunakan keyboard dengan layout keyboard non-Inggris, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari beralih komputer Anda ke tata letak UK atau US selama Anda bekerja dengan Blender.

Catatan:

     Anda juga dapat mengubah keymap default dan hotkeys default dari Preferensi Pengguna, bagaimanapun, panduan ini mengasumsikan Anda menggunakan keymap default. Baca lebih lanjut tentang konfigurasi Blender



Tablet grafis

     tablet grafis dapat digunakan untuk menyediakan metode yang lebih tradisional mengendalikan kursor mouse menggunakan pena. Hal ini dapat membantu untuk memberikan pengalaman yang lebih akrab bagi seniman yang digunakan untuk melukis dan menggambar dengan alat serupa, serta memberikan kontrol tambahan seperti sensitivitas tekanan.

Catatan:

Jika Anda menggunakan tablet grafis bukan mouse dan tekanan sensitivitas tidak bekerja dengan benar, cobalah untuk menempatkan pointer mouse pada jendela Blender dan kemudian cabut / replug tablet grafis Anda. Hal ini dapat membantu.


Mouse 3D

Tikus 3D atau perangkat NDOF adalah perangkat keras yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi adegan di Blender, currenly hanya perangkat yang dibuat oleh 3DCONNEXION didukung. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi adegan, serta mode Berjalan / Fly.

Lihat juga
Lihat Masukan Pilihan untuk informasi lebih lanjut tentang konfigurasi peripheral.

Konfigurasi Direktori

     Ada tiga direktori yang berbeda Blender dapat digunakan, lokasi tepat mereka beroperasi sistem tergantung.

LOKAL

Lokasi konfigurasi dan runtime data (untuk bundel mandiri)

PENGGUNA

Lokasi file konfigurasi (biasanya di direktori home user).

SISTEM

Lokasi data runtime untuk sistem instalasi yang luas (mungkin read-only).

Untuk instalasi sistem kedua direktori SYSTEM dan USER diperlukan.

Untuk distribusi Blender diekstraksi secara lokal, konfigurasi pengguna dan data runtime data yang disimpan dalam sub-direktori yang sama, yang memungkinkan beberapa versi Blender untuk berjalan tanpa konflik, mengabaikan USER dan SYSTEM file.

Catatan:
Anda mungkin perlu untuk memiliki "show hidden file" pilihan diperiksa pengaturan browser file Anda.


Platform Tanggungan Jalur

Berikut adalah lokasi default untuk setiap sistem:

Linux

LOCAL




./2.77/
USER
$HOME/.config/blender/2.77/
SYSTEM
/usr/share/blender/2.77/
Catatan:
Jalan ./2.77/ relatif ke Blender executable & digunakan untuk bundel mandiri didistribusikan oleh pejabat blender.org membangun.

Catatan:
Jalan USER akan menggunakan $XDG_CONFIG_HOME jika set:

$XDG_CONFIG_HOME/blender/2.77/

Mac OSX

LOCAL
./2.77/
USER
/Users/$USER/Library/Application Support/Blender/2.77/
SYSTEM
/Library/Application Support/Blender/2.77/
Catatan:
toko OSX biner Blender di ./blender.app/Contents/MacOS/blender, sehingga jalan lokal data & config adalah:

./blender.app/Contents/MacOS/2.77/

MS Windows

LOCAL
.\2.77\.
USER
C:\Documents and Settings\$USERNAME\AppData\Roaming\Blender Foundation\Blender\2.77\
SYSTEM
C:\Documents and Settings\All Users\AppData\Roaming\Blender Foundation\Blender\2.77\

Path Layout

Ini adalah tata letak jalan yang digunakan dalam direktori yang dijelaskan di atas.

Di mana ./config/startup.blend bisa ~/.blender/2.77/config/startup.blend misalnya.

./autosave/ ...
Autosave lokasi campuran-file. (Windows saja, direktori temp digunakan untuk sistem lain).

urutan pencarian: LOCAL, USER

./config/ ...
Default & Informasi sesi.

urutan pencarian: LOCAL, USER.

./config/startup.blend
default file untuk memuat pada startup.

./config/userpref.blend
preferensi bawaan untuk memuat pada startup.

./config/bookmarks.txt
File pemilih bookmark.

./config/recent-files.txt
Baru-baru ini daftar menu file.

./datafiles/ ...
file runtime.

urutan pencarian: LOCAL, USER, SYSTEM

./datafiles/locale/{language}/
file bahasa dikompilasi statis untuk terjemahan UI.

./datafiles/icons/*.png
Tema ikon untuk blender antarmuka pengguna. (Saat ini tidak dipilih dalam preferensi tema).

./datafiles/brushicons/*.png
Gambar untuk setiap brush.

./scripts/ ...
skrip Python untuk antarmuka pengguna dan alat-alat.

urutan pencarian:LOCAL, USER, SYSTEM.

./scripts/addons/*.py
Python add-ons yang dapat diaktifkan dalam preferensi pengguna termasuk dukungan format yang impor / ekspor, membuat integrasi mesin dan banyak utilitas berguna.

./scripts/addons/modules/*.py
Modul untuk add-ons untuk menggunakan (ditambahkan ke sys.path Python).

./scripts/addons_contrib/*.py
direktori add-ons lain yang digunakan untuk dikelola oleh komunitas add-ons (harus dibuat secara manual).

./scripts/addons_contrib/modules/*.py
Modul  addons_contrib untuk digunakan (ditambahkan ke sys.path Python).

./scripts/modules/*.py
modul python yang mengandung kami API dan utilitas fungsi inti untuk script lain untuk impor (ditambahkan ke sys.path Python).

./scripts/startup/*.py
Script yang secara otomatis diimpor pada startup.

./scripts/presets/{preset}/*.py
Preset digunakan untuk menyimpan pengaturan pengguna yang ditetapkan untuk kain, membuat format dll

./scripts/templates/*.py
Contoh skrip yang dapat diakses dari Text Editor ‣ Text ‣ Script Template.

./python/ ...
distribusi Python dibundel, hanya diperlukan ketika instalasi sistem Python tidak hadir atau tidak kompatibel.

urutan pencarian: LOCAL, SYSTEM.

Temporary Directory

Direktori sementara yang digunakan untuk menyimpan berbagai file pada runtime (termasuk membuat lapisan, cache fisika, copy-paste penyangga dan kecelakaan log).

Direktori sementara dipilih berdasarkan prioritas berikut.


  • Pengguna Preferensi (lihat Jalur File).
  • variabel lingkungan (TEMP pada MS-Windows, TMP & TMP_DIR pada platform lainnya).
  • Di/tmp/ direktori.






BELAJAR BLENDER 3D - MENGINSTAL BLENDER



Tutorial Blender 3D

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit

Menginstal Blender

Blender tersedia untuk di-download untuk Linux Mac-OSX dan MS-Windows.


Persyaratan minimum

Periksa apakah sistem Anda memenuhi persyaratan minimum atau direkomendasikan.

Minimum (penggunaan dasar) hardware

  • 32-bit dual core 2GHz CPU dengan dukungan SSE2.
  • 2 GB RAM
  • 24 bit 1280 × 768 display
  • Mouse atau trackpad
  • OpenGL 2.1 grafis yang kompatibel dengan 512 MB RAM

hardware yang direkomendasikan

  • 64-bit quad core CPU
  • 8 GB RAM
  • Layar HD penuh dengan warna 24 bit
  • Tiga tombol mouse
  • OpenGL 3.2 grafis yang kompatibel dengan 2 GB RAM

Optimal (produksi-grade) hardware

  • 64-bit delapan core CPU
  • 16 GB RAM
  • Dua layar full HD dengan warna 24 bit
  • Tiga tombol mouse dan grafis tablet
  • Ganda OpenGL 3.2 kartu grafis yang kompatibel dengan 4 GB RAM


Selalu periksa bahwa driver grafis yang up to date dan OpenGL baik didukung.

Dukungan untuk perangkat keras lainnya seperti tablet grafis dan mouse 3D lengkap kemudian di Didukung Hardware.

Download Blender

     Yayasan Blender mendistribusikan Blender dalam tiga cara yang berbeda yang dapat Anda pilih, agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

     Pilihan terdiri paket biner untuk semua platform yang didukung dan kode sumber. Dalam paket biner, Anda dapat memilih dari rilis stabil atau membangun harian. Yang pertama memiliki manfaat yang lebih dapat diandalkan, yang terakhir memberikan fitur terbaru, seperti yang dikembangkan. Blender dirilis kira-kira setiap tiga bulan. Anda dapat menyimpan hingga tanggal dengan perubahan terbaru melalui catatan rilis.

Terbaru Rilis Stabil
     Ini adalah distribusi biner dari versi terbaru dari Blender. Hal ini dianggap stabil dan tanpa regresi.

harian Membangun
Ini adalah distribusi biner dari Blender yang diperbarui setiap hari untuk memasukkan perubahan terbaru dalam pembangunan. Versi ini tidak benar-benar diuji sebagai rilis stabil, dan mungkin istirahat, meskipun mereka resmi dan umumnya tidak sangat eksperimental.

Membangun dari Sumber
Sumber Blender tersedia untuk referensi dan instalasi, dengan keuntungan sebagai berikut:


  • Blender selalu up to date,
  • memungkinkan akses ke versi atau cabang mana fitur yang sedang dikembangkan,
  • dapat secara bebas disesuaikan.


Catatan:

Ini termasuk untuk kelengkapan, tetapi tidak diharapkan pengguna biasa harus harus mengkompilasi Blender mereka sendiri membangun.
menginstal Blender

Prosedur untuk menginstal biner, baik rilis stabil terakhir atau membangun harian, adalah sama. Ikuti langkah-langkah untuk sistem operasi Anda:

Instalasi di Linux:


Periksa persyaratan minimum dan di mana untuk mendapatkan Blender, jika Anda belum pernah melakukannya.

paket khusus untuk distribusi

Beberapa distribusi Linux mungkin ada pada repositori mereka paket khusus untuk Blender.

Instalasi Blender melalui mekanisme asli distribusi ini memastikan konsistensi dengan paket lain pada sistem dan dapat memberikan fitur lainnya (yang diberikan oleh manajer paket), seperti daftar paket, pemberitahuan update dan konfigurasi menu otomatis. Perlu diketahui, meskipun, bahwa paket tersebut mungkin sudah ketinggalan zaman dibandingkan dengan rilis resmi terbaru, atau tidak mencakup beberapa fitur dari Blender. Sebagai contoh, beberapa distribusi tidak membangun Blender dengan dukungan CUDA untuk alasan lisensi.

Jika ada paket khusus untuk distribusi Anda, Anda dapat memilih apa yang disukai dan paling nyaman, jika tidak, tidak ada yang salah dengan biner resmi pada blender.org.

Download dari link diatas
Download versi Linux untuk arsitektur anda dan uncompress file ke lokasi yang diinginkan
(misalnya. ~ / Software atau / usr / local).

Blender sekarang dapat diluncurkan dengan mengklik dua kali dieksekusi.

Untuk akses mudah, Anda dapat mengkonfigurasi sistem anda dengan menambahkan entri menu atau shortcut untuk Blender dan asosiasi dan terbuka campuran-file dengan Blender saat membuka dari file browser. Pengaturan ini biasanya milik Window Manager (KDE, Gnome, Unity).

Dujalankan dari terminal

Untuk menjalankan Blender dari terminal tanpa perlu berada di direktori executable, menambahkan folder diekstraksi ke PATH lingkungan.

Tambahkan perintah berikut ~ / .bashrc atau ~ / .profile menunjuk ke direktori dengan Blender biner:

export PATH = / path / ke / blender / direktori: $ PATH

Tips

     Jika Anda menggunakan build harian dan memperbarui Blender sering, Anda dapat menghubungkan atau selalu mengubah nama folder Anda untuk 'blender' dan menggunakan nama ini untuk variabel lingkungan PATH dan untuk menjaga menu window manager up to date.


Menghindari Alt + mouse Konflik

     Banyak Manajer Jendela default Alt-LMB untuk memindahkan jendela, yang merupakan jalan pintas yang Blender digunakan untuk mensimulasikan tiga tombol mouse. Anda dapat memiliki fitur ini dinonaktifkan Preferensi Pengguna ‣ Masukan ‣ Meniru 3 Button Mouse atau Anda dapat mengubah pengaturan Window Manager menggunakan Meta kunci bukan (juga disebut Super atau tombol Windows):


  • KDE: Pengaturan Sistem> Jendela Perilaku> Jendela Perilaku> Jendela Actions, Beralih 'Alt' kunci 'Meta'
  • Unity / Gnome: masukkan berikut di baris perintah (efektif pada login berikutnya):


gsettings set org.gnome.desktop.wm.preferences tombol mouse-modifier '<Super>'

Instalasi pada OSX:

     Periksa halaman Blender Instalasi untuk menemukan persyaratan minimum dan di mana untuk mendapatkan Blender (jika Anda belum pernah melakukannya).

     Setelah men-download Blender untuk Mac OSX-, uncompress file dan tarik blender.app ke folder Applications.

Tips

Karena Blender tidak menggunakan sistem OS menu standar, Anda mungkin memiliki berlebihan menu-bar di bagian atas.

Untuk menghapusnya lihat posting ini di Macworld, tapi hati-hati bahwa itu adalah agak rumit. Sebagai alternatif: hanya membuat layar penuh Blender dengan Alt-F11 atau dengan
File ‣ Jendela ‣ Beralih Jendela Layar penuh.


Instalasi pada MS Windows

Periksa persyaratan minimum dan di mana untuk mendapatkan Blender, jika Anda belum pernah melakukannya.

Anda juga akan memerlukan Visual C ++ 2013 Redistributable Package.

Download .zip atau .msi untuk arsitektur anda (64-bit lebih baik jika mesin Anda mendukungnya).

.msi akan menjalankan installer untuk memilih tempat untuk menempatkan Blender dan mengkonfigurasi MS-Windows untuk memiliki entri pada menu dan membuka .blend-file dengan Blender. hak administrator diperlukan untuk menginstal Blender pada sistem Anda.

Download Blender


Catatan:

     Dengan .zip Anda harus secara manual mengekstrak Blender ke folder yang diinginkan, di mana Anda dapat mengklik dua kali dieksekusi untuk menjalankan Blender.

Tidak ada installer untuk menempatkan Blender pada menu, tetapi ada juga tidak perlu untuk hak administrator. Dengan pilihan ini, adalah mungkin untuk memiliki beberapa versi Blender tanpa bertentangan, karena mereka tidak benar-benar diinstal pada sistem.

Namun, jika Anda ingin versi tertentu untuk didaftarkan dengan komputer Anda hanya menjalankan blender -r dari Command Line.





BELAJAR BLENDER 3D - KOMUNITAS BLENDER

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Komunitas Blender 

     Menjadi tersedia secara bebas dari awal, bahkan saat closed source, membantu jauh di adopsi Blender. Sebuah komunitas besar, stabil, dan aktif pengguna telah berkumpul di sekitar Blender sejak tahun 1998. Masyarakat menunjukkan dukungan untuk Blender pada tahun 2002 ketika mereka membantu meningkatkan € 100.000 pada tujuh minggu untuk memungkinkan Blender untuk pergi Open Source di bawah GNU GPL.

Siapa yang menggunakan Blender?

     Blender memiliki berbagai macam alat sehingga cocok untuk hampir semua jenis produksi media. Orang dan studio di seluruh dunia menggunakannya untuk proyek-proyek hobi, iklan, film, game dan aplikasi interaktif lainnya seperti kios, game dan penelitian ilmiah.

Situs independen

Ada beberapa situs independen seperti forum, blog, berita dan situs tutorial yang didedikasikan untuk Blender.

Salah satu forum komunitas terbesar adalah Blender Artists, di mana pengguna Blender berkumpul untuk memamerkan kreasi mereka, mendapatkan umpan balik, meminta dan menawarkan bantuan dan, secara umum, membahas Blender.

Dukungan

komunitas Blender adalah salah satu fitur yang terbesar, sehingga terlepas dari petunjuk pengguna ini, ada banyak cara yang berbeda untuk mendapatkan dukungan dari pengguna lain, seperti IRC dan Stack Exchange.

Ada juga lebih banyak sumber resmi dukungan, seperti Certified Trainer dan Blender Cloud. Jika Anda berpikir Anda telah menemukan masalah dengan Blender, Anda dapat dengan mudah melaporkan bug.

Rincian lebih lanjut tentang dukungan dapat ditemukan di halaman dukungan.

Pengembangan

Menjadi open source, beberapa pengembangan Blender dilakukan oleh para relawan. Komunikasi antara pengembang dilakukan sebagian besar melalui tiga platform:


  • Sistem developer.blender.org
  • Berbagai milis
  • The #blendercoders IRC channel (lihat di bawah)
  • Jika Anda tertarik untuk membantu mengembangkan Blender, lihat Dapatkan halaman Terlibat.


Saluran IRC

Untuk real-time diskusi, ada beberapa saluran Blender IRC di jaringan Freenode. Anda dapat bergabung ini dengan klien favorit Anda IRC:


  • dukungan saluran # Komunitas blender
  • #blenderchat Untuk diskusi umum atau off topic chatting
  • #blendercoders Untuk pengembang untuk membahas pengembangan Blender
  • #blenderpython Untuk dukungan untuk pengembang menggunakan API Python
  • #gameblender Untuk diskusi tentang isu-isu yang berkaitan dengan penciptaan permainan dengan GE
  • #blenderwiki Untuk diskusi yang berhubungan dengan dokumentasi Blender
Catatan:
Jika Anda tidak memiliki klien IRC, Anda dapat mengakses IRC menggunakan webchat.

Ada juga beberapa saluran yang lebih terkait Blender tidak tercantum di sini (mis saluran untuk penutur bahasa tertentu). Sebaiknya Anda mencari Freenode untuk melihat mereka semua.

Link Berguna Lainnya

Blender FAQ (Dapatkah saya menggunakan blender komersial? Apa GPL / GNU? ...)
Demo dan file patokan 
Pengembang Tanyakan Kami Apa saja



BELAJAR BLENDER 3D - SOFTWARE GRATIS DAN GPL BLENDER



Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Tentang Software Gratis dan GPL



      Ketika orang mendengar tentang "perangkat lunak bebas", hal pertama yang datang ke pikiran mungkin "tanpa biaya". Sementara ini biasanya benar, istilah "perangkat lunak bebas" seperti yang digunakan oleh Free Software Foundation (pencetus Proyek GNU dan pencipta GNU General Public) dimaksudkan untuk berarti "bebas sebagai kebebasan" daripada "tanpa biaya "rasa (yang biasanya disebut sebagai" bebas seperti dalam bir gratis "atau gratis). perangkat lunak bebas dalam pengertian ini adalah perangkat lunak yang bebas untuk menggunakan, menyalin, memodifikasi, mendistribusikan, tanpa batas. Kontras ini dengan lisensi dari paket perangkat lunak yang paling komersial, di mana Anda diperbolehkan untuk memuat perangkat lunak pada satu komputer, diperbolehkan untuk tidak membuat salinan, dan tidak pernah melihat kode sumber. perangkat lunak bebas memungkinkan kebebasan yang luar biasa kepada pengguna akhir. Karena kode sumber tersedia secara universal, ada juga lebih banyak kesempatan untuk bug ditangkap dan tetap.


Ketika program dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL):
  • Anda memiliki hak untuk menggunakan program untuk tujuan apapun.
  • Anda memiliki hak untuk memodifikasi program dan memiliki akses ke kode sumber.
  • Anda memiliki hak untuk menyalin dan mendistribusikan program.
  • Anda memiliki hak untuk meningkatkan program, dan merilis versi Anda sendiri.
Sebagai imbalan untuk hak-hak ini, Anda memiliki beberapa tanggung jawab jika Anda mendistribusikan program lisensi GPL, tanggung jawab yang dirancang untuk melindungi kebebasan dan kebebasan orang lain:
  • Anda harus memberikan salinan GPL dengan program ini, sehingga penerima menyadari hak-hak mereka di bawah lisensi.
  • Anda harus menyertakan kode sumber atau membuat kode sumber tersedia secara bebas.
  • Jika Anda mengubah kode dan mendistribusikan versi modifikasi, Anda harus lisensi modifikasi Anda tersedia di bawah GPL (atau lisensi yang kompatibel).
  • Anda mungkin tidak membatasi perizinan dari program luar ketentuan GPL. (Anda mungkin tidak mengubah program lisensi GPL menjadi produk proprietary.)
  • Untuk lebih lanjut tentang GPL, memeriksa halaman pada situs GNU Project.


Catatan :

GPL hanya berlaku untuk aplikasi Blender dan bukan karya seni yang Anda buat dengan itu; untuk info lebih lanjut lihat Lisensi Blender.






BELAJAR BLENDER 3D - SEJARAH BLENDER



Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit

Sejarah Blender

     Pada tahun 1988, Ton Roosendaal mendirikan studio animasi Belanda NeoGeo. NeoGeo cepat menjadi studio animasi 3D terbesar di Belanda dan salah satu rumah animasi terkemuka di Eropa. NeoGeo menciptakan pemenang penghargaan produksi (European Perusahaan Video Awards tahun 1993 dan 1995) untuk klien korporasi besar seperti multinasional perusahaan elektronik Philips. Dalam NeoGeo Ton bertanggung jawab untuk kedua arah seni dan pengembangan software internal. Setelah pertimbangan hati-hati Ton memutuskan bahwa saat ini di rumah toolset 3D untuk NeoGeo sudah terlalu tua dan rumit untuk mempertahankan, dan harus ditulis ulang dari awal. Pada tahun 1995 ini menulis ulang mulai dan ditakdirkan untuk menjadi penciptaan perangkat lunak 3D kita semua tahu sebagai Blender. Sebagai NeoGeo terus menyempurnakan dan meningkatkan Blender menjadi jelas untuk Ton yang Blender dapat digunakan sebagai alat untuk artis lain di luar NeoGeo.

     Pada tahun 1998, Ton memutuskan untuk menemukan sebuah perusahaan baru yang disebut Bukan Number (NaN) sebagai spin-off dari NeoGeo untuk lebih pasar dan mengembangkan Blender. Pada inti dari NaN adalah keinginan untuk membuat dan mendistribusikan aplikasi 3D kompak, cross-platform gratis. Pada saat itu, ini adalah konsep yang revolusioner karena kebanyakan aplikasi 3D komersial biaya ribuan dolar. NaN berharap untuk membawa tingkat profesional modeling dan animasi 3D alat dalam jangkauan masyarakat komputasi umum. model bisnis NaN yang terlibat menyediakan produk dan layanan komersial di seluruh Blender. Pada tahun 1999 NaN menghadiri konferensi SIGGRAPH pertama dalam upaya untuk lebih banyak mempromosikan Blender. konvensi SIGGRAPH pertama Blender adalah sukses besar dan mengumpulkan sejumlah besar bunga dari kedua pers dan peserta. Blender adalah hit dan potensi yang besar dikonfirmasi!

     Menyusul keberhasilan konferensi SIGGRAPH di awal tahun 2000, NaN dijamin pembiayaan € 4.5m dari kapitalis ventura. inflow yang besar ini dari kas diaktifkan NaN untuk cepat memperluas operasinya. Segera NaN membual sebanyak lima puluh karyawan yang bekerja di seluruh dunia berusaha untuk meningkatkan dan mempromosikan Blender. Pada musim panas tahun 2000, Blender 2.0 dirilis. Versi Blender menambahkan integrasi mesin permainan untuk aplikasi 3D. Pada akhir 2000, jumlah pengguna terdaftar di situs NaN melampaui 250.000.

     Sayangnya, ambisi dan peluang NaN ini tidak sesuai kemampuan perusahaan dan realitas pasar saat itu. Ini lebih-ekstensi mengakibatkan restart NaN dengan dana investor baru dan perusahaan yang lebih kecil pada bulan April 2001. Enam bulan kemudian produk software komersial pertama NaN ini, Blender Publisher diluncurkan. Produk ini ditargetkan pada pasar negara berkembang media 3D berbasis web interaktif. Karena penjualan yang mengecewakan dan iklim ekonomi yang sulit yang sedang berlangsung, investor baru memutuskan untuk menutup semua operasi NaN. shutdown juga termasuk penghentian pengembangan Blender. Meskipun ada jelas kekurangan di versi sekarang dari Blender, seperti arsitektur kompleks software internal, fitur yang belum selesai dan cara non-standar menyediakan GUI, dukungan antusias dari masyarakat pengguna dan pelanggan yang telah membeli Blender Publisher di masa lalu berarti bahwa Ton tidak bisa membenarkan meninggalkan Blender memudar menjadi tidak penting. Sejak restart sebuah perusahaan dengan tim yang cukup besar dari pengembang itu tidak layak, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non-profit Blender Yayasan pada Maret 2002.

     Tujuan utama Blender Foundation adalah untuk menemukan cara untuk terus mengembangkan dan mempromosikan Blender sebagai proyek open source berbasis masyarakat. Pada bulan Juli 2002, Ton berhasil mendapatkan investor NaN untuk menyetujui rencana Blender Yayasan unik untuk mencoba untuk melepaskan Blender sebagai open source. Kampanye "Free Blender" berusaha untuk menaikkan € 100.000 sehingga Yayasan bisa membeli hak untuk kode sumber Blender dan hak kekayaan intelektual dari investor NaN dan kemudian melepaskan Blender untuk komunitas open source. Dengan kelompok antusias relawan, di antaranya beberapa karyawan ex-NaN, kampanye penggalangan dana diluncurkan untuk "Free Blender". Untuk mengejutkan semua orang dan menyenangkan kampanye mencapai tujuan € 100.000 dalam hanya tujuh minggu singkat. Pada hari Minggu, 13 Oktober 2002, Blender dirilis ke seluruh dunia di bawah GNU GPL. pengembangan blender berlanjut hingga hari ini didorong oleh tim relawan yang berdedikasi dari seluruh dunia yang dipimpin oleh pencipta asli Blender, Ton Roosendaal.

Tonggak Versi/Revisi

Permulaan!

  • 1.00 - Januari 1994: Blender dalam pembangunan di studio animasi NeoGeo.
  • 1.23 - Januari 1998: versi SGI dipublikasikan di web, IrisGL.
  • 1,30 - April 1998: Linux dan versi FreeBSD, pelabuhan untuk OpenGL dan X11.
  • 1.3x - Juni 1998: NaN didirikan.
  • 1.4x - September 1998: Sun dan versi Linux Alpha dirilis.
  • 1,50 - November 1998: Pedoman Pertama diterbitkan.
  • 1.60 - April 1999: C-key (fitur baru di belakang kunci, $ 95), versi MS Windows dirilis.
  • 1.6x - Juni 1999: BeOS dan versi PPC dirilis.
  • 1.80 - Juni 2000: Akhir C-key, Blender freeware penuh lagi.
  • 2.00 - Agustus 2000: Interaktif 3D dan mesin real-time.
  • 2.10 - Desember 2000: Mesin baru, fisika, dan Python.
  • 2.20 - Agustus 2001: sistem animasi Karakter.
  • 2.21 - Oktober 2001: Blender Publisher peluncuran.
  • 2.2x - Desember 2001: versi Mac OSX.

Blender menjadi Open Source

  • 13 Oktober 2002: Blender pergi Open Source, 1 Blender Conference.
  • 2,25 - Oktober 2002: Blender Publisher menjadi tersedia secara bebas, dan pohon eksperimental Blender dibuat, taman bermain coder ini.
  • 2.26 - Februari 2003: Yang pertama benar-benar open source Blender rilis.
  • 2.27 - Mei 2003: The kedua open source rilis Blender.
  • 2.28x - Juli 2003: Pertama dari seri 2.28x.
  • 2.30 - Oktober 2003: rilis Preview dari makeover 2.3x UI dipresentasikan pada 2 Blender Conference.
  • 2.31 - Desember 2003: Upgrade ke proyek 2.3x UI stabil.
  • 2.32 - Januari 2004: Perombakan besar dari kemampuan rendering internal.
  • 2.33 - April 2004: Game Engine kembali, oklusi ambien, tekstur prosedural baru.
  • 2.34 - Agustus 2004: interaksi partikel, LSCM UV mapping, integrasi YafRay fungsional, lipatan tertimbang di permukaan subdivisi, shader jalan, OSA penuh, dan banyak banyak lagi.
  • 2.35 - November 2004: Versi lain penuh perbaikan: objek kait, deformasi kurva dan kemiringan kurva, duplikator partikel dan banyak lagi.
  • 2.36 - Desember 2004: Sebuah versi stabilisasi, banyak pekerjaan di balik layar, normal dan perpindahan perbaikan pemetaan.
  • 2.37 - Juni 2005: alat Transformasi dan widget, softbodies, medan gaya, defleksi, permukaan subdivisi tambahan, bayangan transparan, dan rendering multi-ulir.
  • 2.40 - Desember 2005: ulang Penuh sistem angker, kunci bentuk, bulu dengan partikel, cairan, dan badan kaku.
  • 2.41 - Januari 2006: Banyak perbaikan, dan beberapa fitur mesin permainan.
  • 2.42 - Juli 2006: The node rilis, berbagai pengubah, vektor blur, mesin fisika baru, rendering, lip sync, dan banyak fitur lainnya. Ini adalah rilis berikut Proyek Jeruk.
  • 2.43 - Februari 2007: jerat Multi-resolusi, multi-layer UV tekstur, gambar multi-layer dan multi-pass render dan baking, mematung, retopology, beberapa Mate tambahan, mendistorsi dan node filter, modeling dan animasi perbaikan, lukisan yang lebih baik dengan beberapa kuas, partikel fluida, benda proxy, sequencer menulis ulang, dan pasca-produksi UV texturing.
  • 2.44 - Mei 2007: Berita besar, di samping dua pengubah baru dan re-membangkitkan 64-bit OS dukungan, adalah penambahan hamburan bawah permukaan, yang mensimulasikan hamburan cahaya di bawah permukaan benda organik dan lembut.
  • 2.45 - September 2007: perbaikan bug serius, dengan beberapa masalah kinerja ditangani.
  • 2.46 - Mei 2008: The Peach rilis adalah hasil dari upaya besar dari lebih dari 70 pengembang menyediakan perangkat tambahan untuk memberikan rambut dan bulu, sistem partikel baru, ditingkatkan penjelajahan gambar, kain, cache fisika mulus dan non-intrusif, rendering perbaikan refleksi, AO, dan membuat kue, pengubah jala cacad untuk otot dan seperti, dukungan animasi yang lebih baik melalui alat angker dan menggambar, menguliti, kendala dan Editor Action berwarna-warni, dan banyak lagi. Itu rilis berikut Proyek Peach.
  • 2.47 - Agustus 2008: rilis Bugfix.
  • 2.48 - Oktober 2008: The Apricot rilis, shader GLSL keren, lampu dan perbaikan GE, snap, langit simulator, shrinkwrap pengubah, dan perbaikan editing Python. Ini adalah rilis berikut Proyek Apricot.
  • 2.49 - Juni 2009: tekstur berbasis Node, angker sketsa (disebut Etch-a-Ton), boolean jala perbaikan operasi, dukungan JPEG2000, lukisan proyeksi untuk transfer langsung gambar untuk model, dan katalog script Python yang signifikan. tambahan GE termasuk tekstur video, di mana Anda dapat memutar film dalam game, upgrade ke mesin Bullet fisika, kubah (mata ikan) rendering, dan lebih API panggilan GE tersedia.

Blender 2.5x - The Recode!

     2.5x - Dari 2009 hingga Agustus 2011: Seri ini merilis empat pra-versi (dari Alpha 0 pada November 2009 untuk Beta pada bulan Juli 2010) dan tiga versi stabil (dari 2,57 - January 2.011-2,59 - Agustus 2011). Ini adalah salah satu proyek pembangunan yang paling penting, dengan refactor total perangkat lunak dengan fungsi baru, mendesain ulang manajer internal yang jendela dan acara / alat / sistem data penanganan, dan API Python baru. Versi akhir dari proyek ini adalah Blender 2.59 Agustus 2011.

2,6x blender untuk 2.7x - Perbaikan & Stabalisasi

  • 2.60 - Oktober 2011: Internasionalisasi UI, perbaikan dalam sistem animasi dan GE, vertex berat badan kelompok pengubah, audio 3D dan video, perbaikan bug, dan internasionalisasi UI.
  • 2.61 - Desember 2011: The Cycles penyaji ditambahkan di bagasi, kamera pelacak ditambahkan, cat dinamis untuk memodifikasi tekstur dengan kontak jala / pendekatan, pengubah Samudera Sim untuk mensimulasikan laut dan busa, baru add-ons, perbaikan bug, dan lebih ekstensi menambahkan untuk API Python.
  • 2.62 - Februari 2012: The Ukir perpustakaan ditambahkan untuk meningkatkan operasi boolean, dukungan untuk pelacakan objek ditambahkan, pengubah Remesh ditambahkan, banyak perbaikan di GE, matriks dan vektor dalam API Python ditingkatkan, baru add-ons, dan banyak perbaikan bug.
  • 2.63 - April 2012: Bmesh digabung ke trunk dengan dukungan penuh untuk poligon n-sided, memahat bersembunyi, kamera panorama untuk Siklus, cermin bola tekstur lingkungan dan mengapung tekstur presisi, membuat lapisan layer mask, oklusi ambien dan tampilan viewport gambar latar dan membuat lapisan, baru impor dan ekspor add-ons yang ditambahkan, dan 150 perbaikan bug.
  • 2.64 - Oktober 2012: Masker Editor, meningkatkan gerak tracker, OpenColorIO, Siklus perbaikan, perbaikan sequencer, alat jala yang lebih baik (Inset dan Bevel ditingkatkan), node keying baru, memahat masking, perbaikan Collada, pengubah kulit baru, baru node compositing backend, dan banyak bug yang tetap.
  • 2.65 - Desember 2012: Api dan perbaikan asap, anisotropic shader untuk Siklus, perbaikan pengubah, alat bevel sekarang termasuk pembulatan, baru add-ons, dan lebih dari 200 perbaikan bug.
  • 2.66 - Februari 2013: topologi Dinamis, simulasi tubuh kaku, perbaikan di UI dan kegunaan (termasuk dukungan layar retina), Siklus sekarang mendukung rambut, alat bevel sekarang mendukung bevelling titik individu, baru pengubah Mesh Cache dan pengubah UV Warp baru, baru SPH partikel pemecah cairan. Lebih dari 250 perbaikan bug.
  • 2.67 - Mei 2013: Freestyle ditambahkan, perbaikan sistem cat, hamburan bawah permukaan untuk Cycles, Ceres perpustakaan di tracker gerak, node python kustom baru, alat-alat pemodelan jala baru, dukungan yang lebih baik untuk teks UTF8 dan perbaikan dalam editor teks, baru add-ons untuk pencetakan 3D, lebih dari 260 perbaikan bug.
  • 2.68 - Juli 2013: Baru dan ditingkatkan alat pemodelan, tiga Cycles baru node, perbaikan besar dalam tracker gerak, Python script dan driver dinonaktifkan secara default ketika loading file untuk alasan keamanan, dan lebih dari 280 perbaikan bug.
  • 2.69 - Oktober 2013: Bahkan lebih alat pemodelan, Cycles membaik di banyak daerah, pelacakan pesawat ditambahkan ke tracker gerak, dukungan yang lebih baik untuk FBX impor / ekspor, dan lebih dari 270 bug diperbaiki.
  • 2.70 - Maret 2014: Siklus mendapat dukungan dasar volumetrik pada CPU, lebih banyak perbaikan ke tracker gerak, dua pengubah pemodelan baru, beberapa perbaikan UI konsistensi, dan lebih dari 560 perbaikan bug.
  • 2.71 - Juni 2014: Deformasi motion blur dan api / dukungan asap ditambahkan ke Cycles, UI pop-up sekarang draggable, optimasi kinerja untuk mode, jenis interpolasi baru untuk animasi, banyak perbaikan patung ke GE, dan lebih dari 400 perbaikan bug.
  • 2.72 - Oktober 2014: Siklus mendapat volume dan SSS dukungan pada GPU, menu pie ditambahkan dan tooltips sangat meningkat, alat pemodelan persimpangan ditambahkan, baru simpul matahari balok untuk compositor, Freestyle sekarang bekerja dengan Cycles, tekstur lukisan alur kerja ditingkatkan , dan lebih dari 220 perbaikan bug.
  • 2.73 - Januari 2015: Siklus akan meningkatkan dukungan volumetrik, upgrade besar untuk pensil lemak, MS Windows mendapat Metode Editor Input (IME) dan perbaikan umum untuk lukisan, gaya bebas, sequencer dan add-ons.
  • 2.74 - Maret 2015: Dukungan untuk custom-normals, viewport compositing dan perbaikan dinamika rambut.
  • 2,75 - Juli 2015: Terpadu stereo / multi-view pipa, pengubah halus korektif dan grafik ketergantungan baru (mengaktifkan sebagai opsi baris perintah).
  • 2.76 - November 2015: dukungan Pixar OpenSubdiv, Viewport dan File Browser meningkatkan kinerja, simpul auto-offset, dan teks efek strip untuk Sequencer tersebut.
  • 2.77 - Maret 2016: dukungan OpenVDB untuk caching untuk merokok / simulasi volumetrik, meningkatkan Hamburan siklus Bawah Permukaan, Grease pensil stroke yang mematung dan meningkatkan alur kerja, dan ulang perpustakaan penanganan untuk mengelola hilang dan dihapus data blok.
                                                 


BELAJAR BLENDER 3D - MENGENAL BLENDER 3D





 Blender 3D

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit

Pengantar 

     Selamat datang di Blog ini, aplikasi desain 3D animasi open source yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D seperti gambar diam, video, dan real-time video interaktif game. Blender cocok untuk individu dan studio kecil yang mendapatkan manfaat dari pipa terpadu dan proses pembangunan yang responsif. Ini adalah cross-platform dan berjalan pada sistem Linux, Mac OSX-dan MS-Windows dengan memori kecil dan jejak disk. interface-nya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten di semua perangkat keras dan platform yang didukung.


Fitur utama

  • Blender adalah pembuatan konten 3D terpadu sepenuhnya, menawarkan berbagai alat-alat penting, termasuk Modeling, Rendering, Animasi, Video Editing, VFX, compositing, Texturing, Rigging, banyak jenis Simulasi, dan Game Creation.
  • lintas platform, dengan GUI OpenGL yang seragam pada semua platform utama (dan disesuaikan dengan skrip Python).
  • arsitektur 3D berkualitas tinggi yang memungkinkan cepat dan efisien penciptaan karya-aliran.
  • Baik dukungan masyarakat dari forum dan IRC.
  • ukuran executable kecil, opsional portabel.
Anda dapat men-download versi terbaru dari Blender disini



Blender memungkinkan untuk melakukan berbagai tugas, dan itu mungkin tampak menakutkan ketika pertama kali mencoba untuk memahami dasar-dasar. Namun, dengan sedikit motivasi dan materi pembelajaran yang tepat, adalah mungkin untuk membiasakan diri dengan Blender setelah beberapa jam praktek.

Panduan ini adalah awal yang baik meskipun melayani lebih sebagai referensi. Ada juga banyak tutorial online video disini, dan beberapa buku dan pelatihan DVD tersedia di Blender Store dan pada Blender Cloud.

Meskipun semuanya Blender dapat melakukannya, itu tetap alat. seniman besar tidak membuat karya dengan menekan tombol atau memanipulasi kuas, tapi dengan belajar dan berlatih pelajaran seperti anatomi manusia, komposisi, pencahayaan, prinsip-prinsip animasi, dll

konten 3D penciptaan perangkat lunak seperti Blender memiliki kompleksitas teknis ditambahkan dan jargon yang terkait dengan teknologi yang mendasari. Istilah seperti peta UV, bahan, shader, jerat, dan SUbSurf adalah media dari artis digital, dan pemahaman mereka, bahkan secara luas, akan membantu Anda untuk menggunakan Blender untuk yang terbaik.

Jadi terus membaca panduan ini, belajar Blender adalah alat yang besar, membuat pikiran Anda terbuka di bidang seni dan teknologi lain dan Anda juga bisa menjadi seorang seniman besar.

                                                       TUTORIAL BLENDER