BELAJAR BLENDER 3D - TOMBOL DAN KONTROL BLENDER 3D

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Tombol dan Kontrol

Tombol dan kontrol lainnya dapat ditemukan di setiap Editor antarmuka Blender. Berbagai jenis kontrol dijelaskan di bawah.

Tombol operasi

tombol operasi.
Ini adalah tombol yang melakukan operasi ketika diklik dengan  LMB. Mereka dapat diidentifikasi dengan warna abu-abu dalam skema warna default.

Tombol toggle

Tombol beralih.
tombol beralih biasanya ditampilkan sebagai kotak centang. Mengklik jenis tombol akan beralih negara tetapi tidak akan melakukan operasi apapun.

Toggle Drag

Untuk mengubah banyak tombol beralih sekaligus, Anda dapat  LMBtarik selama beberapa tombol, ini bekerja untuk kotak centang, matikan di tombol Outliner dan lapisan.

Catatan:
Untuk tombol lapisan (sejenis tombol pengalih) seringkali berguna untuk menahan  Shift pada saat yang sama, untuk mengatur atau jelas banyak lapisan sekaligus.


Tombol radio

Tombol radio
Tombol radio digunakan untuk memilih dari pilihan kecil "saling eksklusif" pilihan.

Tombol Angka

Tombol angka.
Tombol angka dapat diidentifikasi dengan label mereka, yang dalam banyak kasus berisi nama dan usus diikuti dengan nomor. tombol angka dapat diedit dengan beberapa cara:

Langkah tambahan

Untuk mengubah nilai dalam langkah-langkah, klik LMB pada segitiga kecil di sisi tombol.

Seret

Untuk mengubah nilai dalam jangkauan yang lebih luas, tahan LMBdan tarik mouse ke kiri atau kanan.

Input teks

TekanLMBatau Returnuntuk mengedit nilai sebagai bidang teks.

Ketika memasukkan nilai dengan tangan, tombol ini bekerja seperti tombol teks lainnya.


  • Tekan Kembali untuk menerapkan perubahan.
  • Tekan Esc akan membatalkan nilai.

Multi-Value Editing

Multi-nilai-editing.
Hal ini sering berguna untuk mengedit beberapa nilai sekaligus (skala objek atau membuat resolusi misalnya).

Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol dan menyeret vertikal untuk menyertakan tombol di atas / bawah.

Setelah gerakan vertikal Anda dapat menarik dari sisi ke sisi, atau melepaskan LMB untuk mengetik dalam nilai.

Expression

Anda juga dapat memasukkan ekspresi seperti 3*2bukannya6. atau 5/10+3. Bahkan konstanta seperti pi(3,142) atau fungsi seperti sqrt(2)(akar kuadrat dari 2) dapat digunakan.

Lihat juga:

ekspresi ini dievaluasi dengan Python; untuk semua matematika tersedia ekspresi melihat: matematika referensi modul


Ekspresi sebagai Drivers

Anda mungkin ingin ekspresi Anda dievaluasi kembali setelah itu masuk. Blender mendukung ini menggunakan Driver (fitur dari sistem animasi).

Ekspresi dimulai dengan #, memiliki penggunaan khusus. Bukannya mengevaluasi nilai dan membuang ekspresi, sopir ditambahkan ke properti dengan ekspresi masuk.

Ekspresi #frame adalah cara cepat untuk mengakses peta nilai untuk frame, tapi ekspresi yang lebih kompleks juga didukung #fmod (frame, 24) / 24 misalnya.

Ini hanyalah sebuah jalan pintas yang mudah untuk menambahkan driver yang juga dapat ditambahkan melalui menu RMB.

Unit

Serta ekspresi, Anda dapat mencampur unit dengan nomor; untuk bekerja, unit harus diatur dalam pengaturan adegan (Metrik atau Imperial).

Contoh unit valid meliputi:

  • 1cm
  • 1m 3mm
  • 1m, 3mm
  • 2ft
  • 3ft/0.5km
  • 2.2mm + 5' / 3" - 2yards
Catatan:

Bahwa koma adalah opsional. Perhatikan bagaimana Anda dapat mencampur antara metrik dan imperial meskipun layar hanya dapat menampilkan satu per satu.



Nama Unit

nama unit telah dapat digunakan dengan baik bentuk panjang dan pendek, di sini tercantum nama unit diakui dapat Anda gunakan.

Jamak dari nama-nama yang diakui juga, jadi meter dan meterkeduanya bisa digunakan.

Imperial Units
Full NameShort Name(s)Scale of a Meter
thoumil0.0000254
inch"in0.0254
foot, feet'ft0.3048
yardyd0.9144
chainch20.1168
furlongfur201.168
milemim1609.344
Metric Units
Full NameShort Name(s)Scale of a Meter
micrometerum0.000001
millimetermm0.001
centimetercm0.01
decimeterdm0.1
meterm1.0
dekameterdam10.0
hectometerhm100.0
kilometerkm1000.0

Menu Tombol

Blender menggunakan berbagai menu yang berbeda untuk mengakses opsi, alat dan memilih data-Blok.


  • menu Shortcuts
  • tombol panah dapat digunakan untuk menavigasi.
  • Setiap item menu memiliki karakter yang digarisbawahi yang dapat ditekan untuk mengaktifkannya.
  • tombol angka atau num-pad dapat digunakan untuk mengakses item menu. (Dimana 1adalah item menu pertama, kedua ... dll Untuk menu yang lebih besar Alt - 1tanggal 11 ... sampai ke Alt -0tanggal 20)
  • Tekan Returnuntuk mengaktifkan item menu yang dipilih.
  • Tekan Escuntuk membatalkan menu.

Header Menu

menu header yang digunakan untuk mengkonfigurasi editor dan akses alat.

Lihat Header untuk opsi sundulan.

Pop-Up Menu

Menu Viewport Shading pop-up.



Pop-up menu yang menu overlay digunakan untuk menampilkan pilihan. Mereka melahirkan dengan tombol menu dan tombol yang menunjukkan atas dan bawah segitiga di sebelah kanan atau setelah masukan kunci di posisi mouse.

Misalnya, tombol Viewport Shading akan menghasilkan menu pop-up dengan pilihan shading yang tersedia.

Tips:

Anda dapat menggunakan Numpaduntuk masukan item dalam daftar untuk memilih. Misalnya, Numpad - 1 akan pilih item pertama dan seterusnya.


Data-Blok Menu

tombol menu yang digunakan untuk menghubungkan data-Blok satu sama lain. Data-blok item seperti jerat, benda, bahan, tekstur, dan sebagainya.
Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian.

Jenis Data-Blok
Menunjukkan ikon. Membuka menu pop-up berikut.

Daftar
Sebuah daftar data-blok yang tersedia dalam arus campuran-file atau link dalam untuk memilih item dari. Menu dapat menampilkan pratinjau selain item dan kotak pencarian untuk mencari item dalam daftar dengan nama.

Nama data-blok

Menampilkan nama terkait data-Blok, yang dapat diedit sebagai bidang teks biasa.

Jumlah pengguna

Menampilkan jumlah pengguna data. Mengkliknya untuk membuat satu salinan-pengguna.

Pengguna Palsu "F"

Menyimpan data-blok ini data blok, bahkan jika tidak memiliki pengguna.

Baru "+"

Menciptakan data-blok baru atau duplikat data saat-blok dan berlaku.

Membuka file

Membuka file-browser.

Membatalkan hubungan data block "X"

Menghapus link.
Kadang-kadang ada daftar menerapkan data-blok (seperti daftar bahan yang digunakan pada objek). Lihat Gambar. Data-Blok Link menu dengan masukan pencarian. atas.

tombol data link-blok.

  • Untuk memilih data-Blok, klik LMBdi atasnya.
  • Untuk menambahkan bagian baru (misalnya materi, atau sistem partikel), klik LMBpada tombol "+" di sebelah kanan daftar.
  • Untuk menghapus bagian, klik LMBpada "-" di sebelah kanan daftar.
Untuk rincian tentang perilaku menghubungkan data melihat data-blok.

Menu Pie 

Sebuah menu pie adalah menu, yang item tersebar radial sekitar mouse. menu pie harus diaktifkan dalam Preferensi Pengguna melalui Add-ons ‣ UI ‣ Pie Menus Official.

Menu naungan pie.

Interaksi

Menu pie adalah melahirkan dengan menekan tombol.

Tampilan 3D



  • Tab Interaksi Modus
  • Z Shade dan solid and smooth shading
  • Q View arah dan perspektif atau ortho. dan kamera
  • Tab - Shift - Ctrl Gertakan
  • .  Pivot
  • Ctrl - Spasi Manipulator

Editor Movie Clip



  • WClip Pengaturan
  • QMarker Pengaturan
  • Pelacakan E
  • Shift - S Solving
  • Shift - W Tema Rekonstruksi
  • OS - A Operator Playback

Grease Pencil



  • D-Q Main menu tools (konteks sensitif)
  • D-W Pengaturan Cepat

Melepaskan kunci tanpa menggerakkan mouse akan tetap menu terbuka dan pengguna dapat memindahkan pointer mouse ke arah item menu pie dan pilih dengan mengklik. Melepaskan kunci setelah menggerakkan mouse ke arah item menu kue akan menyebabkan menu untuk menutup dan item menu yang dipilih untuk mengaktifkan.

Widget disc terbuka di tengah menu pie menunjukkan arah arus dari menu pie. Item yang dipilih juga disorot. Sebuah menu pie hanya akan memiliki arah yang valid untuk seleksi item, jika mouse menyentuh atau memperluas luar widget disc di tengah menu.

item menu pie mendukung akselerator utama, yang merupakan huruf digarisbawahi pada setiap item menu. Juga tombol angka dapat digunakan untuk memilih item.

Jika ada sub-pai yang tersedia, hal ini ditunjukkan dengan ikon tanda plus.

Lihat pengaturan menu Pie.






BELAJAR BLENDER 3D - ANTARMUKA PENGGUNA PADA BLENDER | USER INTERFACE

Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Pengantar

Layar Splash
Ketika memulai Blender, splash screen muncul di tengah jendela.

Blender Splash Screen
Untuk menutup splash screen memulai sebuah proyek baru, klik mana saja di luar splash screen (tapi di dalam Blender Jendela) atau tekan Esc. Splash screen akan menghilang mengungkapkan adegan startup.

Untuk membuka kembali klik percikan pada ikon Blender di header Info Editor atau pilih Bantuan ‣ Splash Screen juga di Info Editor.

Title
Selain ikon Blender dan teks, itu menunjukkan versi Blender. yaitu versi saat ini adalah 2,77.
Image
Gambar di mana Anda dapat mengidentifikasi paket dan versi.
Date
Di sudut kanan atas, Anda dapat melihat tanggal yang versi Blender disusun.
Hash
The Git Hash. Hal ini dapat berguna untuk memberikan dukungan personel, ketika mendiagnosis masalah.
Branch
cabang id opsional.
Interaction
konfigurasi tombol yang sama seperti pengguna preferensi ‣ Input.
Link
Link halaman web resmi, yang sama dapat ditemukan dalam Menu Bantuan dari Info Editor. Lihat Help Menu.
Recent
Anda file Blender paling baru dibuka. Hal ini memberikan akses cepat dan mudah untuk proyek terbaru Anda.
Recover Last Session
Blender akan mencoba untuk memulihkan sesi terakhir berdasarkan file-file sementara. Lihat Memulihkan Data.

Screen 

Setelah menutup splash screen, ini adalah apa jendela default Blender terlihat seperti ini.

User interface Blender adalah konsisten di semua platform. Antarmuka dapat disesuaikan untuk mencocokkan tugas-tugas tertentu menggunakan Layouts Screen, yang kemudian diberi nama dan disimpan untuk digunakan nanti.

Blender juga membuat berat penggunaan shortcut keyboard untuk mempercepat pekerjaan. Ini juga dapat disesuaikan dalam Editor keymap.

Elemen Layar 


     Jendela Blender ini disusun dalam satu atau lebih Area dengan masing-masing daerah yang mengandung Editor. Editor dibagi menjadi Header dan satu atau lebih Daerah. Daerah dapat memiliki elemen penataan yang lebih kecil seperti panel dengan tombol, kontrol dan widget ditempatkan dalam diri mereka.

Komposisi berbagai Area dengan Editor yang telah ditetapkan di dalamnya disebut Layout Layar. Secara default Blender dimulai dengan layout lima Editor seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Blender default Layout Layar dengan lima Editor: Info (1), Tampilan 3D (2), Outliner (3), Properties (4) dan Timeline (5)


Komponen Editor

     Secara umum editor menyediakan cara untuk melihat dan memodifikasi pekerjaan Anda melalui bagian tertentu dari Blender.

Gambar di bawah ini menunjukkan View 3D sebagai contoh editor.

Tampilan 3D (3D View)


Editor secara konsisten disusun dalam bagian berikut:

Daerah (Region)

     Setidaknya satu wilayah editor selalu terlihat. Ini disebut wilayah utama dan merupakan bagian yang paling menonjol dari editor. Dalam Lihat 3D di atas ini ditandai dengan bingkai hijau.

Selain itu ada dapat lebih daerah yang tersedia. Dalam Lihat 3D di atas ini adalah Toolshelf (beralih visibilitas dengan T) di sisi kiri dan Properties (beralih visibilitas dengan N) di sisi kanan. Mereka ditandai dengan bingkai merah. daerah lain kebanyakan menampilkan konten konteks-sensitif.

Setiap editor memiliki tujuan tertentu, sehingga wilayah utama dan ketersediaan daerah tambahan yang berbeda antara editor. Lihat dokumentasi spesifik tentang setiap editor bab Editor.



Fungsi Hotkeys
TBeralih visibilitas Toolshelf Region
NBeralih visibilitas Properti Region
F5Membalik Daerah di bawah pointer mouse ke sisi yang berlawanan Header


Header
Sebuah header adalah bagian horisontal kecil editor dan duduk baik di bagian atas atau bawah daerah. Bertindak sebagai wadah untuk menu dan alat yang biasa digunakan. Sama seperti daerah tambahan header dapat disembunyikan.

The View 3D di atas header ditandai dengan bingkai berwarna ungu.

.
Fungsi Hotkeys
F5Move Header from Top to Bottom (mouse pointer must be over it)


Panel

     Unit organisasi terkecil dalam antarmuka pengguna adalah panel, yang dapat runtuh untuk menyembunyikan isinya dengan mengklik header. Di sinilah tombol, menu, kotak centang, dll berada.

Panel biasanya ditemukan di daerah sisi editor, tetapi juga membuat sebagian besar wilayah utama Properties Editor.

Pada gambar di sebelah kanan ada tiga panel: Transform, Edit dan Sejarah. Panel edit diperluas dan dua panel lainnya runtuh. Perhatikan bahwa Anda dapat mengubah urutan panel dengan mengklik pada pegangan di sudut kanan atas judul panel.

Lihat: panel untuk rincian.

Tab


     The Toolshelf telah lebih terstruktur dalam satu set konteks tab vertikal sensitif.

Pada gambar di sebelah kanan Anda dapat melihat tab: Tools, Buat, dll Tab Tools sedang dipilih, menunjukkan satu set panel yang berisi berbagai alat.

Pinning

     Sering diinginkan untuk melihat panel dari tab yang berbeda pada waktu yang sama. Ini telah dipecahkan dengan membuat panel pinnable.

Sebuah panel disematkan tetap terlihat terlepas dari tab telah dipilih. Anda dapat pin panel dengan  Shift mengklik header, atau dengan mengklik kanan pada header dan memilih Pin.

Tampil pada gambar di atas adalah contoh dari Options Mesh disematkan di tab alat.



BELAJAR BLENDER 3D - SISTEM BANTUAN


Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit


Sistem Bantuan

Blender memiliki berbagai built-in dan berbasis web pilihan bantuan.

tooltips

Mouse pointer itu Berhenti untuk sementara selama Daftar Render Engine di Info Editor.


Ketika melayang kursor di atas tombol atau pengaturan, ia akan menampilkan Tooltip, dan rincian terkait tergantung pada jenis tombol, seperti tombol-pintas untuk alat.

Python: teks disertakan terakhir mungkin menarik untuk Anda jika Anda seorang animator atau tugas mengotomatisasi, lihat Scripting & Memperluas Blender.

Konteks Sensitif Access manual

Referensi

Mode: Semua mode
MenuRMB, manual online
HotkeyAlt-F1

Anda mungkin ingin mengakses bantuan untuk alat atau daerah dari dalam Blender.

Gunakan tombol-shortcut, atau menu klik kanan untuk mengunjungi halaman dari manual ini referensi dalam Blender. Ini akan membuka halaman web yang berhubungan dengan tombol di bawah kursor, mendukung kedua tombol alat dan nilai.

Catatan:
Saat ini kami tidak memiliki cakupan 100%, Anda mungkin melihat peringatan di header info jika beberapa alat tidak memiliki link ke manual.

kali tombol lainnya dapat membuat link ke bagian yang lebih umum dari dokumentasi.



Menu Bantuan

Dalam Info Editor menu header Bantuan adalah sekelompok link web. Link yang sama juga dapat ditemukan dalam Slash Layar.

Tip

Browser dan Internet Connection

Beberapa bentuk Bantuan memulai browser web Anda dan mengakses server web Blender Foundation. Untuk melakukan ini, Anda harus telah mengkonfigurasi web browser default untuk Sistem Operasi Anda, dan memiliki koneksi ke Internet.


Menu Bantuan.

  • Ini adalah link untuk Blender manual Resmi - yang Anda sekarang membaca.
  • Release Log - Rilis catatan di Web untuk versi Blender saat ini.
  • Blender Website - The halaman rumah blender.org.
  • Blender Store - The Blender Store, di mana Anda dapat membeli Training DVD, buku, t-shirt dan produk lainnya.
  • Developer Community - The blender.org "Terlibat" halaman. Ini adalah halaman peluncuran untuk pengembangan Blender software, pelacakan bug, patch dan skrip, pendidikan dan pelatihan, pengembangan dokumentasi dan penelitian fungsi.
  • User Community - Daftar dari banyak tempat dukungan yang berbeda.
  • Report a Bug a Blender Bug Tracker (pendaftaran diperlukan).

Referensi scripting

  • Python API Referensi - Python antarmuka pemrograman aplikasi (API).
  • Operator Cheat Sheet - Menciptakan OperatorList.txt teks-blok, yang dapat Anda akses di Text Editor. Anda juga dapat menggunakan Blender Cari untuk menghasilkan file. Daftar yang tersedia operator Python.

Info Sistem Aman

Access Help ‣ Save System Info

Ini mengekstrak sistem informasi yang dapat berguna untuk memasukkan dalam laporan bug, memeriksa konfigurasi atau mendiagnosis masalah.

Anda akan diminta untuk menyimpan file teks system-info.txt.

File teks yang berisi bagian:

Blender

Bagian ini menunjukkan versi Blender, rincian tentang konfigurasi membangun, dan jalan di mana Blender sedang berjalan.

Phyton

Versi Python yang Anda gunakan, menunjukkan jalur dari Python jalur bahasa pemrograman.

Direktori

Jalur yang digunakan untuk script, data file, preset dan file-file sementara.

Direktori dikonfigurasi menggunakan Editor Preferensi Pengguna.

OpenGL

Bagian ini menunjukkan versi OpenGL, nama produsen, dan daftar kemampuan hardware Anda & driver.
Info Editor Log
Ini bukan menu Help, tetapi terkait. Jika Anda mouse di atas garis antara Info Editor dan 3D kemudian klik dan tarik Info Editor turun sedikit, Anda dapat melihat aliran Python panggilan bahwa UI membuat ketika Anda bekerja. Hal ini dapat berguna untuk membuat skrip.

The Info Editor Log setelah menambahkan Cube a.