Belajar Blender 3D

Mari Belajar Blender 3D Dengan Mudah

  • Home
  • Blender Manual
    • Ayo Mulai
      • Mengenal Blender
        • Tentang Blender
          • Sejarah Blender
          • Blender-GPL
          • Komunitas Blender
        • Menginstal blender
          • Konfigurasi Blender
    • User Interface
    • Editor Blender
  • Mengenal Blender
    • Tentang Blender
      • Sejarah Blender
      • Blender-GPL
      • Komunitas Blender
    • Menginstal Blender
      • Konfig Blender
  • Kumpulan Tutorial Blender
  • Hubungi Saya

BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D | MODELING RUMAH Part 2

syamsuldn.blogspot.com
https://www.youtube.com/watch?v=Sxit8CnE-G0



Download aplikasi Blender

Windows 64bit | Windows 32bit | Mac OSX  64bit | GNU/Linux 64bit | GNU/Linux 32bit



Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh 

      Saya ucapkan terima kasih telah mampir di Blog saya yang sederhana ini, tempat kita membagi ilmu dan pengalaman seputar aplikasi Blender 3D, aplikasi yang memiliki banyak keistimewaan dan mudah untuk dipelajari.

Melanjutkan tutorial sebelumnya, sekarang kita beranjak ke tahap membentuk objek sesuai dengan denah yang telah kita siapkan sebelumnya, objek kubus yang telah ada sebelumnya akan kita ubah dan bentuk sesuai dengan denah tadi, mari kita mulai. 

Bagi yang sudah tahu cara menggeser (grab), mengubah ukuran (scale), mengembangkan (extrude) objek untuk membentuk objek dasar menjadi bentuk yang sesuai dengan kebutuhan kita, maka silahkan melewati tahap perkenalan fungsi-fungsi dibawah ini :

Pertama, untuk menggeser objek (grab), kita menggunakan tombol “G” pada keyboard lalu dilanjutkan dengan menekan salah satu arah (axis) sesuai sumbu yang kita inginkan. 

Kedua, untuk memperbesar dan memperkecil objek (scale), tombol yang digunakan adalah tombol “S” pada keyboard, gerakkan mouse untuk mengubah ukuran objek secara keseluruhan, atau ditambah tombol axis (X,Y atau Z) untuk mengubah ukuran salah satu sumbu saja. 

Ketiga, untuk menambah bentuk objek atau mengembangkan bentuk objek (extrude).  biasanya, bagian objek yang di “extrude" adalah “face” atau sisi dari objek dasar. 

Berikut adalah tombol-tombol axis pada keyboard : tombol “X” untuk mengaktifkan sumbu “x”, sumbu “x” untuk kekiri dan kekanan objek tombol “Y” untuk mengaktifkan sumbu ”y”, sumbu “y” untuk kedepan dan kebelakang objek tombol “Z” untuk mengaktifkan sumbu “z”, sumbu “z” untuk keatas dan kebawah objek.

Bagaimana, sudah tahu kan tombol-tombol editnya ?, ketiga tombol tadi (E “extrude”, S “scale”, dan G “grab”) adalah tombol yang paling sering digunakan dalam proses edit, maka dari itu sangat penting untuk kita kenali dan pahami kegunaannya. 

https://www.youtube.com/watch?v=Uj6KZGakMUg
Sekarang kita masuk dalam proses edit, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Masuk dalam mode edit dengan menekan tombol “Tab” pada keyboard, dengan begitu tampilan objek akan berubah dari “Object Mode” ke tampilan “Edit Mode”, atau bisa juga memilih kolom yang ada di bawah jendela view, klik lalu pilih “Edit Mode”.
Belajar Mudah Animasi

2. Tekan tombol “NUMPAD 7” untuk menampilkan view atas.
Objek 3 Dimensi Blender 

Ingat, jika anda menggunakan laptop, jangan lupa mengaktifkan fungsi NUMPAD pada keyboardnya (FN + fungsi NUMPAD (fungsi NUMPAD pada Toshiba L740 adalah F11, jadi FN + F11)). 


3. Scroll mouse hingga seluruh gambar denah tertampil pada jendela view.
Dasar-dasar Blender

4. Karena pola denahnya terhalang dengan objek kubus, maka agar dapat melihat gambar denahnya anda bisa menekan tombol “Z” saja, ini akan membuat tampilan kubusnya berubah dari mode tampilan “solid” menjadi mode tampilan “wireframe”.
Solid Mode View
Wire Frame Edit

Tekan tombol “S” untuk skala objek kubus (cube), sesuaikan dengan luas denahnya, gunakan tombol “S + salah satu axis (x,y,z)” untuk menyesuaikan ukuran kubus dengan denahnya. 

 

5. Geser dan letakkan cursor mouse ke tengah objek kubus lalu tekan tombol “CTRL + R” untuk membuat garis pemisah tepat ditengah objek, geser hingga garis pemisahnya sesuai dengan garis yang ada pada denah, lakukan dengan cara yang sama untuk membuat garis-garis selanjutnya hingga semua garisnya sesuai dengan denah, kurang lebih sampai terlihat seperti gambar di bawah.

Serunya belajar blender

6. Tekan “NUMPAD 1” pada keyboard desktop atau tombol “J” pada keyboard laptop untuk fungsi NUMPAD 1 , maka tampilannya menjadi “view front” atau tampilan depan.
Blender Mudah


Tekan tombol “A” untuk menyeleksi semua vertex (titik-titik pada sudut objek).
Cara gampang belajar blender

 7. Tekan tombol “S” lalu tombol “Z” (tidak bersamaan) untuk mengskala atas bawah objek.


8. Kembali ke tampilan atas dengan menekan tombol “NUMPAD 7”, kemudian tekan tombol “Z” untuk mengembalikan objek ke tampilan “solid”, setelah itu tekan tombol “CTRL + Tab” untuk memunculkan menu “Mesh Select Mode”, lalu pilih “Face” dengan klik kiri mouse, kemudian tekan tombol “A” lagi untuk menghapus semua seleksi tadi hingga sekarang tampilannya seperti ini.

9. Sekarang kita tinggal menyeleksi face-face sesuai dengan bentuk dinding dari denah untuk bangunan rumahnya, caranya dengan mengklik kanan satu-persatu facenya dengan  menekan dan menahan tombol “SHIFT”, gunanya agar kita dapat memilih lebih dari satu face, sebenarnya ada cara lain yang lebih cepat lagi, tapi untuk kali ini cukup cara sederhana yang tadi dulu saja yang kita gunakan. Kalau ada yang salah seleksi tinggal tekan “CTRL + Z” saja untuk fungsi “Undo”. 

Setelah mendapat hasil seleksi sesuai dengan denah seperti ini.
Blender Seru

, maka kita beralih ke tahap selanjutnya.

10. Tekan “NUMPAD 1” untuk kembali ke “view front” lagi, lalu tekan tombol “E” untuk meng”extrude” face yang telah kita seleksi sebelumnya, geser mouse dan sesuaikan tingginya lalu klik kiri pada mouse.
aplikasi Blender

Kalau sudah seperti ini, maka pada mode “3D View Full”, kita sudah bisa melihat hasil seperti ini.
Belajar Blender 3D

Tekan dan tahan scroll/roda gulir mouse untuk memutar objek dengan menggerakkan mouse. 

Tekan dan tahan scroll/roda gulir mouse + tekan dan tahan tombol SHIFT, lalu gerakkan mouse untuk menggeser objek. 

Tekan dan tahan scroll/roda gulir mouse + tekan dan tahan CTRL, lalu gerakan mouse untuk zoom-in dan zoom-out objek. 

Nah sampai di sini hasilnya bisa dibilang lumayan lah, pada tutorial selanjutnya kita menambahkan beberapa objek pendukung seperti pintu, jendela, atap, dan lain-lain sebelum masuk ke proses yang lebih detail selanjutnya seperti menambahkan texture dinding, lantai, atap, dan menambahkan Furniture pelengkap bangunan seperti sofa, kursi santai, lampu dan lain-lain. Sekian dulu tutorial kali ini, dan terima kasih telah singgah di Blog saya ini.

baca kelanjutan tutorial ini di sini
atau tonton videonya di bawah ini.

TUTORIAL BLENDER




  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh....







Sebelumnya                                                                                                               Selanjutnya
Posted by SyamsulDN
Email ThisBlogThis!Share to XShare to FacebookShare to Pinterest
Labels: 3 Dimensi, Aplikasi 3 Dimensi, Aplikasi Blender, Blender, Blender 3D, Desain 3D, Desain Rumah 3Dimensi, Membuat Animasi, Membuat karakter 3 Dimensi, Merancang Bangunan Rumah

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Video Youtube

TUTORIAL BLENDER

Download Aplikasi Tutorial untuk Android GRTISSS !!!

ad

Translate

Blog Archive

  • ▼  2015 (4)
    • ▼  November (4)
      • Blender 3D dan mengenal sejarahnya
      • BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D | MODELIN...
      • BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D - MODELIN...
      • BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D - MODELIN...
  • ►  2017 (19)
    • ►  February (10)
    • ►  April (9)

Featured post

BELAJAR BLENDER 3D - TUTORIAL BLENDER 3D - MODELING RUMAH Part1

Blender 3D  Download aplikasi Blender Windows 64bit  |  Windows 32bit  |  Mac OSX  64bit  |  GNU/Linux 64bit  |  GNU/Linux 32...

Contact Form

Name

Email *

Message *

syamsuldn. Awesome Inc. theme. Theme images by Ollustrator. Powered by Blogger.